You need to enable javaScript to run this app.

PELAKSANAAN PTS PROYEK DENGAN METODE STEM DI SMPIT ASY-SYUKRIYYAH

  • Jum'at, 06 Oktober 2023
  • admin
  • 0 komentar
PELAKSANAAN PTS PROYEK DENGAN METODE STEM DI SMPIT ASY-SYUKRIYYAH

Tangerang- Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan ujian yang diselenggarakan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaran selama setengah semester. Hampir dua pekan kegiatan ini berlangsung dimulai dari tanggal 25 September -5 Oktober 2023. Menjadi hal biasa bahwa SMPIT Asy-syukriyyah mengadakan PTS berbasis proyek dengan menggunakan metode STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) yang bertujuan agar peserta didik dalam pembelajaran dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya melalui proses penyelidikan yang terstruktur dan menghasilkan suatu produk.

Eduvisit merupakan rangkaian awal dari kegiatan PTS dimana setiap jenjang mengunjungi tempat yang berbeda sesuai dengan tema proyek yang akan dilakukan pada PTS. Kelas 7 berkunjung ke BMKG, kelas 8 berkunjung ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kelas 9 berkunjung ke PP IPTEK (TMII). Dari kegiatan eduvisit ini peserta didik mendapatkan pengetahuan awal tentang hal-hal yang menjadi dasar dalam kegiatan PTS proyek.

Setiap jenjang memiliki tema yang berbeda dimulai dari kelas 7 membuat proyek alat pengukur suhu ruangan, kelas 8 membuat vacuum cleaner, dan kelas 9 membuat electromagnetik crene. PTS hari pertama dimulai dengan kegiatan mengeksplor video yang berkaitan dengan tema. Peserta didik membuat konsep dan mendesain produk. Hasil tersebut akan dipresentasikan di depan guru pembimbing sebagai bentuk penguatan dari hasil eksplorasi mereka. Setiap kelompok memberikan feedback positif mereka dan guru pembimbing pun memberikan masukan.

Research yaitu kegiatan pada PTS hari kedua, peserta didik mencari cara kerja dari produk yang telah di desain sebelumnya, beserta dalil dari Al-Quran/hadits yang berkaitan dengan produk. Di sini peserta didik juga diminta untuk mengerjakan LKPD STEM proyek, kemudian mempresentasikan hasil research dan LKPD di hadapan guru pembimbing.

Kegiatan pada PTS hari ketiga, peserta didik mulai membuat rancangan di kertas karton dan mengerjakan LKPD kemudian mempresentasikannya kepada guru pembimbing. Selanjutnya, pada PTS hari keempat pihak SEAQIS berkunjung untuk mendampingi secara langsung peserta didik dalam proses pembuatan produk dengan metode STEM. Peserta didik dengan antusias menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan dan merancang produk dengan mengembangkan kreativitas mereka. Didampingi oleh guru pembimbing, peserta didik mengerjakan dan meyelesaikan produk tepat waktu.

Setelah produk yang dirancang berhasil dibuat, kegiatan PTS hari kelima adalah peserta didik mulai menyusun laporan berupa makalah. Masing-masing kelompok berbagi tugas untuk menyelesaikan makalah dan power point yang akan dipresentasikan di depan penguji.

Pelaksanaan sidang proyek menjadi kegiatan PTS hari keenam, dimana peserta didik mempresentasikan proses dan hambatan yang terjadi selama pembuatan produk di depan penguji sehingga dapat menghasilkan produk yang keren dan penuh kreativitas tersebut.

Rangkaian demi rangkaian PTS proyek sudah dilewati. Kegiatan diakhiri dengan mengerjakan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari beberapa mata pelajaran. Demikian keseruan PTS proyek yang dilaksanakan di SMPIT Asy-syukriyyah, dengan harapan peserta didik dapat lebih berpikir kritis, bertanggung jawab, dan kreatif di masa depan.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Maryono, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Ahlan wa sahlan. Selamat datang di Portal Pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Segala Puji dan Syukur hanya kepada…

Berlangganan
Banner