You need to enable javaScript to run this app.

MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1445 H

  • Kamis, 12 Oktober 2023
  • admin
  • 0 komentar
MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1445 H

Tangerang- Maulid Nabi merupakan hari yang sangat bersejarah bagi umat muslim karena pada hari tersebut lahirlah seorang Nabi terakhir, Nabi yang sangat dikenal dengan kejujurannya (Al-Amin), Nabi yang patut kita contoh karena keindahan perilaku dan tutur bahasanya, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Jumat (06/10/2023) SMPIT Asy-syukriyyah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7,8, dan 9. Kegiatan dengan tema ”Menjadi Manusia Pilihan dengan Memilih Tauladan yang Benar” ini bertujuan untuk meneladani sikap Rasulullah SAW yang berkorban dan berjuang di jalan Allah SWT dengan penuh keimanan,serta memupuk rasa percaya diri peserta didik untuk berlomba dalam kebaikan.

Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB peserta didik melakukan registrasi dilanjutkan dengan dzikir pagi, tilawah, dan membaca asmaul husna.

Kemudian sambutan yang disampaikan oleh Bapak Maryono, M.Pd. Kepala SMPIT Asy-syukriyyah beliau dalam sambutannya mengatakan, “Maulid bukan hanya rutinitas tahunan saja melainkan dapat mengambil nilai-nilai positif yang dapat meneladani sikap dan perilaku rasul kita yaitu Nabi Muhammad SAW dan dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari Bapak Zaenal Abidin dkk. Bersama-sama bersenandung melantunkan shalawat Nabi sebagai bentuk kerinduan dan kecintaan kepada Rasulullah SAW yang diikuti oleh seluruh peserta didik.

Kemudian peserta didik menuju ke aula A untuk putra dan aula B untuk putri karena mereka akan menyaksikan film siroh: The Messenger. Film ini menceritakan tentang kisah masa kecil baginda Nabi Muhammad SAW dan perjuangan Nabi dalam menyebarkan agama islam.

Kegiatan dilanjutkan dengan peserta didik membuat Forum Group Discussion (FGD) yang masing- masing kelompok terdiri atas 9 orang. Setiap jenjang memiliki tema yang berbeda untuk kelas 7 pra kelahiran Rasulullah SAW, kelas 8 saat kelahiran Rasulullah SAW, kelas 9 pasca kelahiran Rasulullah SAW. Dengan demikian peserta didik dapat lebih memahami isi dari film yang mereka saksikan.

Pada pukul 13.00 WIB peserta didik kembali ke aula untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak Zaenal Abidin, S.Pd.I dan Bapak Muhaemin tentang sejarah dan keluarga Nabi Muhammad SAW. Kemudian pada pukul 14.00 WIB dilanjutkan dengan bermain games puzzle word, masing-masing kelompok secara bergantian maju ke depan dan mencari kata yang berkaitan dengan kisah Rasulullah SAW.

Setelah bermain games kegiatan ditutup dengan pemberian apresiasi kepada peserta didik yang memenangkan games dan twibbon terbaik. Semoga dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dapat memberikan kesan bagi peserta didik untuk terus berbuat baik dengan meneladani sikap Rasulullah SAW.

Penulis : Ustadzah Siti Fatimah

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Maryono, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Ahlan wa sahlan. Selamat datang di Portal Pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Segala Puji dan Syukur hanya kepada…

Berlangganan
Banner