You need to enable javaScript to run this app.

Rekreasi dan Edukasi bersama di IMesuem IMERI FK UI.

  • Sabtu, 23 September 2023
  • admin
  • 0 komentar
Rekreasi dan Edukasi bersama di IMesuem IMERI FK UI.

Tangerang - SMPIT Asy-Syukriyyah melakukan kunjungan Eduvisit ke IMuseum IMERI FK UI. Tempat ini merupakan Museum kesehatan pendidikan kedokteran pertama di Indonesia yang terletak di Jl. Salemba Raya No.6, Jakarta Pusat. Di sini para siswa mempelajari fakta-fakta menarik seputar sejarah kedokteran Indonesia dan dapat mempelajari anatomi tubuh manusia dengan koleksi asli dan lengkap disana.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 21 September 2023 ini diikuti oleh 102 siswa yang merupakan siswa kelas 8 dan 13 guru pembimbing. Eduvisit ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi dan pijakan kepada siswa sebelum melaksanakan kegiatan PTS Projek. Tema yang bertajuk The simple effort to maintain our respiratory health, ini berfokus pada sistem pernapasan dan gangguan-gangguanya. Di sana banyak area yang dapat dikunjungi oleh siswa.

Area yang dikunjungi oleh siswa adalah, Medical Education Journey in Indonesia, yaitu area informasi kronologis tentang pendidikan kedokteran di Indonesia, mulai dari era penjajahan Belanda dan Jepang, hingga masa pasca-kemerdekaan. Disini siswa dijelaskan terkait perkembangan sejarah kedokteran yang ada di Indonesia, terdapat etalase yang menjelaskan linimasa perkembangan kesehatan.

Health Education, yaitu area siklus kehidupan manusia mulai dari pembuahan hingga lanjut usia, tidak hanya kondisi normal atau sehat tetapi juga memaparkan penyakit atau gangguan yang dapat terjadi dalam kehidupan manusia, yang menarik disini siswa dapat memakai baju simulasi hamil.

Medical Collection yaitu area informasi spesimen dan organ asli manusia. Di ruang ini siswa dilarang untuk mengambil foto apapun yang ada di dalam . Mereka hanya mengeksplor banyak hal dan melihat-lihat koleksi organ yang diawetkan di etalase.


Edutainment yaitu area edukasi dan informasi sederhana mengenai pemahaman tubuh manusia dan cara menjaga kebersihan diri. Serta Etalase artefak, area ini berada di luar museum yang berisikan benda-benda peninggalan alat bantu pendidikan dan kedokteran, seperti alat-alat laboratorium, alat bantu operasi, dan alat bantu pendidikan.

Setelah melakukan tour di museum. Siswa diarahakan untuk mengikuti seminar di aula Lantai 3. Mereka mendengarkan pemaparan terkait sistem pernapasan dan gangguannya. Siswa merasa antusias dalam mengikuti kegiatan eduvisit kali ini. Semoga bisa mendapatkan ilmu serta pengalam bermakna untuk mereka.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Maryono, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Ahlan wa sahlan. Selamat datang di Portal Pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Segala Puji dan Syukur hanya kepada…

Berlangganan
Banner