You need to enable javaScript to run this app.

Sosialisasi dan Pembentukan Kader Adiwiyata SMPIT Asy-Syukriyyah

Sosialisasi dan Pembentukan Kader Adiwiyata SMPIT Asy-Syukriyyah

Kader Adiwiyata adalah peserta didik sekolah yang ditetapkan oleh kepala sekolah dan dibina untuk berperan aktif menggerakkan warga sekolah dan warga sekitarnya dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Adanya kader Adiwiyata memiliki peran penting dalam membantu sekolah untuk menerapkan lingkungan sehat.

Untuk tercapainya program lingkungan sehat di sekolah. SMPIT Asy-Syukriyyah membentuk kader adiwiyata yang berjumlah 70 siswa yang diambil dari siswa kelas 7,8 dan 9 . Proses diawali dengan melakukan sosialisasi terlebih dahulu di koridor utama, yang didengarkan oleh seluruh siswa, dan kemudian pembentukan kader dimasing-masing kelasnya. Perwakilan masing-masing kelas berjumlah 5 orang, yang diambil atas dasar komitmen mereka untuk membantu program Adiwiyata.

Adapun tugas pokok dari kader adiwiyata adalah mengajak seluruh siswa untuk lebih perduli terhadap lingkungan, seperti melakukan kampanye mengeni kebersihan dan penghijauan. Mengajak siswa lain untuk menjaga kebersihan baik di kelas maupun di lingkungan sekolah.

Dengan menerapkan hal tersebut, maka akan terbentuk karakter pelajar yang peduli dan ramah lingkungan. Selain itu menjadikan siswa lebih aktif, seperti terlibat dalam kegiatan praktis yang berhubungan dengan lingkungan seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan pemeliharaan taman sekolah.

Dengan demikian, program kader adiwiyata akan menjadi hal positif yang akan dilakukan untuk siswa yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut, dan berharap mampu menerapkan sikap ramah lingkungan dimanapun mereka berada.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Maryono, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Ahlan wa sahlan. Selamat datang di Portal Pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Segala Puji dan Syukur hanya kepada…

Berlangganan
Banner