You need to enable javaScript to run this app.

Pelaksanaan PTS Proyek di SMPIT Asy-Syukriyyah

Pelaksanaan PTS Proyek di SMPIT Asy-Syukriyyah

Selama hampir dua pekan SMPIT Asy-Syukriyyah melaksanakan Penilaian Tengah Semester berbasis Proyek. Agenda ini dilaksanakan dari tanggal 1 Maret-10 Maret 2023. Sudah menjadi hal yang biasa bahwa SMPIT Asy-Syukriyyah mengadakan PTS berbasis proyek sebagai bentuk pengembangan diri untuk siswa. Tentunya dari kegiatan ini memiliki tujuan agar siswa dilatih untuk menguasai berbagai soft skill sebagai bekal bagi mereka di masa mendatang. Kegiatan yang dilakukan dimulai dari eksplorasi, membuat konsep, mencari alat dan bahan, mengerjakan desain, hingga menjadi produk yang dibutuhkan. Namun dalam Semester ini pelaksanaan hanya dilakukan di kelas 7 dan 8. Yuk kita intip keseruan PTS Proyek kali ini:

1. Mengangkat tema yang berbeda
 
Tema yang diangkat tentunya berbeda dari semester sebelumnya. Proyek kelas 7 yaitu mengusung tema "Menjaga ketersediaan air bersih dengan membuat alat filter air sederhana" dan kelas 8 "Belajar Kuat dan Tangguh dari Fenomena Gempa Bumi".

2. Membuat desain dari hasil eksplorasi video


Hari pertama kegiatan kelas 7 dan 8 sama sama mengeksplorasi video pembuatan produk yang berhubungan dengan tema. Dari eksplorasi tersebut siswa akan membuat konsep, mendesain dan merumuskan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat produk. Kemudian hasil konsep tersebut akan mereka presentasikan di depan guru pembimbing sebagai bentuk penguatan dari hasil eksplorasi mereka. Nantinya pembimbing akan memberikan masukan sebagai pelengkap atas kekurangan yang mereka cari.

3. Pengerjaan proyek


Dari hasil eksplorasi, siswa membawa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat produk. Dalam pengerjaanya, seluruh siswa senantiasa didampingi oleh guru pembimbing. Selain itu mereka berkerjasama dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan produk tepat waktu.

4. Produk yang dihasilkan kelas 7

Tahap yang paling menyenangkan adalah berhasil dalam pembuatan produknya. Produk yang dihasilkan oleh kelas 7 adalah alat filtrasi air sederhana. Gunanya untuk menyaring air bekas cucian tangan, menjadi air layak pakai yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Alat sederhana namun bisa memberikan pembelajaran yang bermakna.

5. Produk yang dihasilkan kelas 8

Berbeda dari kelas 7, siswa kelas 8 membuat 3 produk sekaligus. Alat tersebut adalah, simulasi gempa bumi, alat pendeteksi gempa bumi dan tabung donasi. Kerja keras yang mereka lakukan memberikan hasil yang baik, semua produk yang dikerjakan berhasil dibuat.

6. Sidang proyek

Hal yang paling mengangkan untuk siswa di PTS proyek, yaitu sidang. Seperti skripsi ya. Memang. Tapi Sebelum sidang siswa menyusun sebuah laporan sederhana yang berisikan langkah-langkah pengerjaan serta teori yang berhubungan. Setelah itu mereka akan diujikan sebagai bentuk evaluasi.

Itu dia keseruan PTS proyek yang dilaksanakan di SMPIT Asy-Syukriyyah. Harapanya siswa menjadi lebih mandiri, kreativitas, kompak, tanggung jawab serta berpikir kritis. Kegiatan PTS diakhiri dengan soal AKM permasing masing mapel dan refleksi diri.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Maryono, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Ahlan wa sahlan. Selamat datang di Portal Pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Segala Puji dan Syukur hanya kepada…

Berlangganan
Banner