SMPIT Asy-Syukriyyah Adakan Webinar Manfaat Berkebun di Masa Pandemi

Kepopuleran “Urban Farming” alias bertani dan berkebun di tengah kota meningkat selama pandemi Covid-19. Tidak hanya budidaya tanaman hias, kekinian berkebun juga dilakukan menggunakan buah hingga sayuran yang bisa dimakan. Sejumlah sayuran mulai dari pakcoy, sawi, hingga kangkung bisa ditanam sendiri di rumah tanpa perlu memiliki halaman yang luas.

Untuk menggali lebih banyak manfaat tentang “urban farming”, SMPIT Asy-Syukriyyah mengadakan webinar dengan judul “Asyik Bermanfaat Berkebun Di Masa Pandemi” pada hari Jumat 29 Oktober 2021 Jam 08.00- 10.30 WIB yang diikuti 330 Siswa/I SMPIT Asy-Syukriyyah via Zoom Meeting.

Hadir sebagai narasumber yakni Dasuki,S.Pd.I selaku anggota tim Adiwiyata Kabupaten Tangerang. Dalam penyampaian materinya Dasuki yang juga sebagai staff pegawai SMPIT Asy-Syukriyyah menyampaikan tips-tips tentang cara mengatasi keterbatasan lahan untuk berkebun di pekarangan rumah. Melalui vertikultur, aquaponic, bertanam dalam pot/polybag dan juga sebagai bentuk edukasi untuk mengembangkan kemampuan sensorik anak, mendorong anak agar mau makan sayur, mengajarkan akan pentingnya menjaga lingkungan.

Kepala Sekolah SMPIT Asy-Syukriyyah Iwan Wahyudi dalam sambutan pembukaan acara webinar ini mengatakan kegiatan webinar ini bertujuan untuk mengedukasi dan juga untuk menciptakan mindset tentang solusi berkebun di dalam kota bagi siswa/I SMPIT Asy-Syukriyyah walau dalam keterbatasan lahan. Dan yang tak kalah pentingnya dari tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap lingkungan sejak usia dini.

Sementara itu Fazli Syafiq Yufaputra siswa kelas 8 SMPIT Asy-Syukriyyah mengatakan webinar berkebun ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengisi kegiatan positif selama masih dalam kondisi pandemi yang belum juga berakhir.

“Pada acara webinar yang bertemakan berkebun ini Pak Dasuki memberikan tips-tips bagaimana cara merawat tanaman yang baik juga memotivasi kami agar senang dan mau untuk bercocok tanam karena manfaatnya sangat besar. Selain itu saya juga sangat bangga karena SMPIT Asy-Syukriyyah memiliki ahli tanam yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sangat luas”. Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *