UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP

uts genap

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP

Sebuah Keberhasilan

            Alhamdulillahhi rabbil alamin… Ulangan Tengah Semester (UTS) telah selesai dilaksanakan. Ujian ini berlangsung dari tanggal 6 – 10 Maret 2017.  Ujian yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7,8, dan 9.

Tes atau sebuah ujian biasanya menjadi hal yang sangat diantisipasi oleh para siswa. Mereka belajar dengan rajin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Mereka meminta mengulang pembahasan materi di kelas, belajar di tempat les, rajin membaca, dan lain-lain. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di sekolahnya. Namun, apakah hal positif seperti ini mulai hilang dari dalam diri para siswa? Kita dapat tanyakan pada diri masing-masing sebagai seorang siswa. Mungkinkah ujian hanya dianggap sebagai sebuah tes biasa dan tidak memberikan pengaruh sedikit pun bagi dirinya hingga mereka kurang peduli dengan hasil yang diterima. Bahkan sebagian siswa tidak mengetahui berapa hasil atau nilai dari tes yang telah diujikannya.

Pada kurikulum 2013 ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan perkembangannya oleh para guru yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga aspek ini sangat penting untuk peserta didik. Aspek sikaplah yang menjadi pedoman utama, misalnya seorang siswa yang  memiliki sikap bertanggung jawab penuh dan rajin, maka ia akan belajar dengan giat untuk mendapatkan hasil yang baik. Dia akan selalu mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan baik karena ia merasa bertanggung jawab atas tugas tersebut. Kemudian seorang siswa yang memiliki rasa percaya diri yang baik, maka ia akan dengan mudah menunjukkan keterampilan yang dimilikinya. Setiap ujian, aspek yang dijunjung tinggi sekolah kami yaitu aspek sikap jujur. Jadi kejujuran pada saat pelaksanaan ujian ini menjadi hal yang utama.

Proses memang tidak pernah mengkhianati hasil hingga keberhasilan siswa dapat dilihat dari proses belajar yang dilaluinya. Tidak usah malu atau pun kecewa dengan hasil yang rendah, tetapi teruslah berusaha memperbaikinya dengan rajin belajar. Bila hasil yang diperoleh sudah maksimal, maka pertahankanlah dengan tetap rajin belajar. Intinya manusia tidak pernah berhenti belajar karena dasarnya kita hidup haruslah mampu mengatasi berbagai ujian yang diberikan. Jadikan keberhasilanmu saat ini sebagai awal mula kesuksesanmu di masa depan. Tetaplah semangat dan jangan pernah putus asa karena Allah SWT Maha Mengetahui perjuangan hambaNya. Semoga hasil yang diterima sesuai dengan harapan… amin.

Siti Nur Latipah, S.Pd.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *