UJIAN KENAIKAN KELAS 2016

ukk

Hampir setahun telah berlalu. Tahun ajaran 2015/2016 dilalui dengan proses yang penuh kesan. Perjuangan mengajar guru maupun belajar siswa diharapkan dapat beroleh manfaat. Berbagai kegiatan pun turut menghiasi hari-hari guru dan siswa kala itu. Berbagai aksi siswa, baik tingkah lugu, ukiran prestasi, kelincahan, atau hal lainnya mewarnai kegiatan belajar mengajar di tahun ini hingga tibalah waktu yang dinanti para siswa yaitu kenaikan kelas. Ujian kenaikan kelas pun dilaksanakan.

Ujian Kenaikan Kelas atau disingkat UKK telah dilaksanakan selama lima hari. Pelaksanaan berlangsung pada tanggal 23 s.d 27 Mei 2016. Ujian ini dilaksanakan dengan tujuan mengevaluasi kemampuan siswa pada aspek pengetahuan. Tim panitia UKK telah melaksanakan tugasnya sesuai prosedur. Begitu pula para siswa yang telah melaksanakan ujian ini dengan baik. Meskipun ada satu atau dua orang siswa yang tidak dapat mengikuti ujian karena sakit dan lain-lain.

UKK bukanlah satu-satunya penentu kenaikan kelas. Setiap proses belajar yang telah dilalui selama hampir setahun ini pun menjadi penentu apakah siswa dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi ataukah tidak. Selain itu, UKK hanya berisi soal-soal pengetahuan sedangkan aspek keterampilan dan sikap dapat diukur saat kegiatan belajar berlangsung maupun di luar kelas. Pada kurikulum 2013, ketiga aspek tersebut memang harus dinilai secara lengkap. Oleh karena itu, bukan hanya hasil akhir yang dilihat tetapi proses yang selama ini dijalani oleh siswa. Namun, hal itu tidak menjadi alasan untuk siswa malas belajar saat UKK. Semuanya harus dilalui dengan usaha maksimal, baik pada saat kegiatan belajar berlangsung maupun saat ujian agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan.

Seusai ujian, satu peristiwa yang tentunya dinantikan oleh para siswa ialah pembagian rapor. Semoga para siswa mendapatkan hasil yang baik. Semoga perjuangan belajar para siswa selama ini mendapat ridho dari Allah SWT. Para guru pun akan selalu mengamalkan ilmu dan memotivasi siswa agar tetap semangat. Sambutlah tahun ajaran baru dengan ceria.

(Siti Nurlatifah,S.Pd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *