The Real of National Test

piagam smpit un

Ujian Nasional atau disingkat UN kerap menjadi isu hangat dalam dunia pendidikan karena menimbulkan pro dan kontra. UN diadakan setiap setahun sekali sebagai syarat kelulusan seorang siswa. Kegiatan ini harus dilalui oleh para siswa agar mereka dapat lulus dan lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang menganggap bahwa bersekolah selama tiga tahun tidak bisa diukur hanya dari nilai ujian tersebut. Selain itu, menjelang atau seusai ujian selalu ada saja kabar kebocoran soal, beredarnya kunci jawaban, dan lain-lain sehingga UN tidak dijalankan dengan jujur.

Kejujuran saat ujian memang harus menjadi prioritas. Bila seorang siswa memperoleh nilai yang besar tetapi buah dari kebohongan, hal ini sangatlah tidak baik. UN diadakan untuk mengukur kemampuan siswa dan menguji siswa tentang materi-materi yang telah diajarkan selama di sekolah. Akan tetapi, jika ujian dikerjakan dengan tidak jujur maka hasilnya pun tidak sesuai dengan kemampuan siswa tersebut. Kita sebagai umat Rasulullah SAW sebaiknya tidak berlaku seperti itu. Rasulullah SAW merupakan seorang mulia yang memiliki sifat siddiq artinya jujur. Beliau mengajarkan kepada umatnya agar mampu untuk jujur. Beliaulah suri teladan agar kita dapat mencontoh sifat-sifat terpujinya. Pentingnya jujur bukan hanya saat ujian, tetapi di dalam kehidupan sehari-hari pun kita perlu membiasakan untuk selalu jujur.

Alhamdulillah, sekolah kita, SMPIT Asy-Syukriyyah mendapat Sertifikat Sekolah dengan Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) yang tinggi  pada tahun 2015 dengan IIUN: 92,47. Sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional, Bapak Anies Baswedan. Penghargaan ini sebagai suatu pencapaian yang baik dari SMPIT Assta sekaligus tantangan bagi pihak sekolah agar dapat mempertahankan kejujuran serta meningkatkan angka kejujuran di sekolah, baik saat ujian maupun kesehariannya. Kepala sekolah, guru, dan siswa serta semua yang menjadi keluarga besar SMPIT Assta ikut mengemban amanah ini. Hal ini pula yang membuktikan bahwa UN tidak selalu diwarnai dengan kecurangan atau kebohongan. UN bisa berjalan dengan kejujuran.

Dengan demikian, kita bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat yang diberikan. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang jujur dan amanah. Semoga SMPIT Assta menjadi lebih baik. Selamat menempuh UN 2016 dengan semangat kejujuran. Allahu Akbar!

( Siti Nurlatifah,S.Pd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *