Tetap Bugar Di Rumah Saat Social Distancing

Oleh : Imas Gustinawati, S.or

Tetap tinggal di rumah merupakan pilihan aman dalam menghidari terjangkitnya wabah Covid-19. Namun tinggal di rumah dengan ruang yang terbatas dalam waktu yang lama akan membuat seseorang cenderung malas bergerak.

Artinya akan muncul problem kesehatan akibat kurang gerak. Meskipun di dalam rumah, dengan ruang yang terbatas tidak boleh menjadi alasan untuk malas bergerak.

Banyak riset menunjukkan manfaat olahraga dan aktivitas fisik bagi kesehatan. Antara lain meningkatkan kebugaran, mengurangi stress dan kecemasan dan meningkatkan imunitas tubuh

Berikut tips agar kamu tetap bugar di saat masa Social Distancing :

1. Tetapkan Jadwal Olah Raga

Meskipun sekolah libur, namun aktivitas belajar tetap dilakukan dari rumah. Agar tetap sehat maka dibutukan aktivitas gerak yang rutin dengan cara membuat jadwal berolahraga dalam satu minggu. Setelah dibuat jadwal maka mesti dipatuhi. Hentikan keinginan bermain game online disaat jadwal olah raga sudah ditetapkan.

2. Olah Raga Indoor

Kamu dapat melakukan olah raga sederhana yang dilakukan di dalam rumah seperti olahraga yang menggunakan beban tubuhmu sendiri. Sit up, back up, push up , plank, side plank, squat. Selain itu Olah raga dengan dengan alat bantu juga dapat kamu lakukan di dalam rumah dengan menggunakan barber dan tali skipping. Jogging dan senam juga pilihan yang cocok untuk berolah raga didalam rumah. Kalau kamu belum terbiasa olahraga mulailah berolahraga dengan intensitas ringan. Setelah terbiasa kamu dapat meningkatkan set dan repetisi atau lamanya waktu berolahraga. Jadi jangan langsung intensitas yg tinggi atau berat ya liat dulu kekuatan tubuhmu.

3. Berjemur

Anjuran berjemur gencar disosialisasikan oleh pemerintah maupun para ahli kesehatan. Manfaat sinar matahari adalah mengandung vitamin D yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin D dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyak sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin D dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dan infeksi. Salah satunya adalah gangguan pernapasan seperti flu dan pneumonia. Kamu bisa melakukan aktifitas berjemur pada jam 10-11 selama 10-15 menit setiap harinya.

4. Perbanyak Minum Air Putih 

WHO menjelaskan bahwa minum air dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun bukan berarti dapat mencegah infeksi virus Corona. Yang jelas, air berguna untuk menjaga seluruh sistem di tubuh berjalan lancar dan sempurna. Termasuk sistem imunitas kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *