Terapkan Revolusi Industri 4.0, Pilkatos SMPIT Asy-Syukriyyah Gunakan E-Voting

Kemajuan teknologi kini dimanfaatkan oleh beberapa sekolah di Tangerang pada pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Intra Sekolah) dengan pencoblosan tidak lagi manual menggunakan kertas dengan paku atau pulpen. Pencoblosan seperti yang dilakukan SMPIT Asy-Syukriyyah dalam pemilihan Ketua OSIS (PILKATOS) berbasis elektronik voting (e-voting). Kamis (19/9/2019)

Pemilihan diawali dengan debat kandidat yang berjumlah 5 pasangan calon. Mirip dengan debat kandidat calon presiden, paslon diuji visi misi dan programnya di hadapan konstituen dan para panelis. Tepat jam 10.00 siswa datang dicek namanya perkelas. Lalu melakukan tanda tangan. Kemudian masuk bilik komputer untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS sesuai hati nuraninya. Proses pemilihan berjalan cukup singkat, hanya butuh waktu 1-3 menit. Di dalam bilik, pemilih hanya cukup mengklik nama yang akan dipilih. Setelah itu pemilih mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda sudah memilih.

Pembina OSIS, Ahmad Nasrullah mengatakan “ Pilkatos tahun ini menggunakan E-Voting selain praktis dan cepat, E-Voting juga bertujuan untuk mengajari literasi teknologi secara tidak langsung kepada siswa SMPIT-Asy-Syukriyyah”.

Server E-Voting dibuat oleh kepala Labkom SMPIT Asy-Syukriyyah Bapak Naufal Hidayat. Menurutnya penggunaan e-voting mempermudah pelaksanaan pilkatos, sangat ringkas tidak perlu menghitung manual suara. Setelah memilih di laptop server secara langsung akan muncul hasil perhitungan dalam bentuk tabulasi presentase, diagram, grafik maupun angka. Setiap kali di refresh data yang masuk otomatis terhitung.

Dalam pemilihan ini terpilih pasangan Rafeyfa Aulia kelas 8 E dan wakilnya Nadya Firstly Wijaya kelas 8 E. Hasil lengkap perolehan suara Pilkatos 2019 sebagai berikut : Nomor urut 1. Adam Restu Perdana dan Fathan Akbar Ramadhan meraih 87 suara. Nomor urut 2 Sayyid dan Akhtar meraih 29 Suara. Nomor urut 3 Siti Aqilla dan Delisya meraih 62 Suara. Nomor urut 4 Rafeyfa dan nadya meraih 153 suara. Dan nomor urut 5 Khusnul dan Asy-Syifa meraih 18 Suara.

Bagikan

Leave a Comment