SMPIT Asy-Syukriyyah Gelar Webinar Parenting dengan Pembicara dr. Aisah Dahlan, CHt, CN, NNLP

SMPIT Asy-Sykriyyah kembali menggelar webinar parenting, kali ini mengangkat tema “Memahami Masa Pubertas Pada Anak Remaja Zaman Now”, pada hari Sabtu 3 April 2021. Webinar yang diikuti oleh 250 partisipan tersebut digelar melalui aplikasi Zoom Meeting. Dipandu oleh Ustazd Ruslan, S.Pd.I dari jam 08.10-10.30 WIB.

Sementara materi seminar disampaikan oleh dr. Aisah Dahlan Hussein, CHt, CN, NNLP. dr. Aisah Dahlan yang kerap dipanggil ibu Isah ini merupakan sosok wanita inspiratif yang sudah lama bergelut pada terapi korban narkotika dan obat terlarang. Dalam Webinar pubertas kali ini, ia menerapkan neuroparenting (Pengasuhan berbasis otak) dalam menangani masalah anak yang suka melawan. Ia mengatakan jika anak terpapar narkoba itu karena orang tua tidak menerapkan dialog tetapi berlaku keras dan kasar sehingga membuat anak jauh dari keluarga. Disaat menjauh itulah mafia narkoba dan bandar-bandar itulah yang masuk dan mempengaruhi mereka papar Aisah dalam webinar parenting pubertas, Sabtu (3/4).

Beliau juga menjelaskan bahwa masa pubertas adalah masa yang akan dilalui oleh anak remaja. Banyak perubahan yang akan mereka hadapi, salah satunya adalah gejolak hormonal yang menyebabkan terjadinya perubahan baik itu perubahan fisik, emosi maupun sikap yang menyebabkan konflik terjadi antara anak dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Saat terjadi konflik tersebut ada tahapan yang di rekomendasikan oleh ibu Aisah Dahlan dalam menghadapi remaja yang lagi pubertas merujuk kepada al Quran surat Ali Imran ayat 159 yaitu:

  1. Mintahlah kepada Allah kelembutan saat berinteraksi dengan anak karena lemah lembut adalah Rahmat Allah.
  2. Janganlah bersikap keras dan kasar karena anak akan menjauh dari orang tuanya.
  3. Maafkanlah anak saat terjadi perubahan perilaku
  4. Mohonkan ampun
  5. Bermusyawarahlah dengan anak
  6. Bulatkan tekad

Sementara itu, Iwan Wahyudi, M.Pd selaku kepala SMPIT Asy-Syukriyyah mengatakan, “Webinar tersebut merupakan program SMPIT Asy-Syukriyyah dalam menanggapi situasi dan kondisi para orang tua di tengah pandemi. Dan sebagai pembekalan serta bimbingan untuk mereka agar dapat menjalankan perannya dengan baik dalam mengasuh dan membimbing anaknya yang sedang dalam masa pubertas,” Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *