Ratusan Siswa SMPIT Asy Syukriyyah Praktik Mini Cerpen Bersama Asma Nadia.

Tangerang, Peringatan hari buku Internasional 2021, SMPIT Asy-syukriyyah menyelenggarakan webinar literasi bersama Asma Nadia novelis best seller Indonesia yang diikuti oleh 300 siswa kelas 7 dan 8 (23/4)

Iwan Wahyudi Kepala SMPIT Asy-Syukriyyah mengatakan kegiatan ini adalah upaya kami dalam membangun budaya literasi di sekolah. Kami datangkan pembicara yang ahli dalam dunia tulis menulis yaitu Asma Nadia.

“Kami berharap dengan kehadirannya di SMPIT Asy-Syukriyyah meskipun melalui zoom meeting dapat memotivasi siswa-siswi kami dalam dunia tulis menulis khususnya membuat cerpen,” tuturnya.

Dalam penyampaian materinya Asma Nadia, mengatakan menulis dapat menerbangkanmu ke berbagai penjuru dunia, jadi jangan takut untuk menulis.

Asma Nadia juga memberikan motivasi kepada para peserta tentang dua hal utama tentang menulis, pertama menjadi penulis bukan karena bakat, siapapun bisa menulis. Sedangkan yang kedua Seseorang harus mengetahui alasan mengapa ia harus menulis, karena hal itu akan menguatkan untuk terus berproses dalam menulis.

“Sebelum menjadi penulis yang baik, kita harus mampu menjadi pembaca yang baik terlebih dahulu, karena apa yang dituliskan menggambarkan wawasan dan isi kepala penulis”. Tambahnya

Asma Nadia juga memberikan tips dalam menulis cerpen yang baik diantaranya yaitu konflik yang mendalam, perlu adanya riset, buat sinopsis, mulai dari bagian yang paling menarik, menulis untuk diselesaikan, detail logika dalam cerita, sera pesan yang ingin disampaikan. Diakhir webinar peserta mempraktekan menulis cerpen mini langsung dikoreksi oleh Asma Nadia.

Salah satu peserta webinar literasi,
Ziyi Sultan Yi mengatakan sangat senang mengikuti acara webinar bersama Asma Nadia karena bisa langsung membuat cerpen dan langsung dikoreksi beliau”

Sedangkan Queen Jelila siswi kelas 7 mengatakan sangat termotivasi oleh Asma Nadia.

“Webinar bersama bunda Asma Nadia saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yaitu lewat tulisan kita bisa menjelajah waktu, menambah wawasan bahkan lewat tulisan kita bisa mengubah dunia.

Sementara itu, Ahmad Basori ketua panitia pelaksana mengatakan acara ini sekaligus mengumumkan pemenang lomba literasi sekolah yang telah dimulai sejak awal April 2021. Perlombannya yaitu cipta puisi, cipta cerpen dan story telling. Penilain perlombaan literasi melalui like youtube karya siswa. Finalis lomba literasi sekolah dinobatkan sebagai duta literasi sekolah 2021.

“Duta literasi sekolah ini nanti dibina dan diarahkan agar terus produktif dalam menghasilkan karya. Dan juga tentunya menjadi teladan bagi siswa yang lain dalam menciptakan budaya literasi di sekolah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *