Rapat Kerja Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

Iwan Wahyudi : Kreativitas dan Inovasi Kunci Sukes Pembelajaran di Masa Pandemi

Tangerang (30/6) — Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah daerah Provinsi Banten dalam rangka mengatasi persoalan pandemi Covid-19 turut berpengaruh terhadap proses pembelajaran di SMPIT Asy-Syukriyyah. Guru memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dari rumah (belajar dari rumah).

Kepala SMPIT Asy-Syukriyyah Iwan Wahyudi menjelaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19, metode pembelajaran di SMPIT Asy-Syukriyyah yang semula tatap muka berganti menggunakan pembelajaran jarak jauh/daring (online learning) selama satu semester tahun pelajaran 2020/2021.

Pembelajaran jarak jauh, di mana guru memberikan materi pembelajaran melalui online dituntut untuk peningkatan kualitas dan kompetensi pendidik agar penyampaian materi berjalan optimal.

“Kreativitas dan inovasi guru dalam penyampaian materi menjadi faktor kunci agar murid mudah memahami dan tidak bosan,” ucapnya dalam pembukaan Raker SMPIT Asy-Syukriyyah (30/6).

Pada tahun pelajaran 2020/2021 SMPIT Asy-Syukriyyah memfokuskan pada peningkatan kualitas guru
dalam mengajar. Pelatihan-pelatihan guru dalam mengajar berbasis teknologi dianggarkan cukup besar pada tahun pelajaran ini.

“Anggaran untuk pelatihan-pelatihan guru dalam mengajar berbasis teknologi selama pandemi ini kami anggarkan  cukup besar, diharapkan proses pembelajaran daring ini tetap berkualitas meskipun tidak sepenuhnya seperti tatap muka langsung.”

Selain peningkatan guru dalam peningkatan kualitas mengajar di tengah pandemi, SMPIT Asy-Syukriyyah juga menekankan pembentukan karakter Islami dengan melibatkan orang tua. Pembiasaan-pembiasaan yang baik seperti pembiasaan beribadah yang wajib maupun sunnah, membaca buku, menjaga kebersihan, hormat dengan orang tua.

Rapat kerja SMPIT Asy-Syukriyyah diselenggarakan dua hari, 30 Juni -1 Juli 2020 dengan mengangkat tema “Tingkatkan kreativitas dan Inovasi, Bangkitkan Generasi Emas Sukses Berkarakter Islami.” bertempat di Aula A SMPIT Asy-Syukriyyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *