PENELITIAN TEMATIK

“Peneliti Muda: Penakluk Dunia, Pengukir Sejarah”

Mengacu pada kelender pendidikan SMPIT Asy-Syukriyyah, dimana tanggal 8-9 september adalah pelaksanaan acara Penelitian Tematik untuk kelas 9. Kegiatan Penelitian Tematik pada tahun ini diketuai oleh Ust. Irawan. Adapun tema yang diangkat adalah: “Peneliti Muda: Penakluk Dunia, Pengukir Sejarah”, dengan harapan tema ini bisa mendorong semangat siwa-siswi SMPIT Asy-Syukriyyah untuk meneliti sejak dini penomene-penomena yang ada, baik di alam sekitar maupun di lingkungan masyarakat. Sehingga dengan begitu anak-anak terbiasa untuk meneliti, dan ini menjadi modal dasar bagi bangsa Indonesia untuk lebih maju dengan hadirnya para peneliti muda.

Adapun tempat penelitian yang kami pilih adalah Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu yang termasuk wilayah DKI Jakarta. Kenapa memilih lokasi ini, karena banyak potensi yang menarik untuk di angkat, sehingga pada pelaksanaannya banyak sekali ilmu yang kita dapatkan dari lokasi ini, diantarnya:

  1. System pemerintahannya
  2. Letak geografis dan sejarahnya
  3. Lingkungan keagamaannya
  4. Lingkungan pendidikanya
  5. Kegiatan kepemudaanya
  6. Lingkungan sekitar, baik taman, pengolahan sampah maupun pengolahan limbah laut
  7. Sumber ekonomi, diantaranya: pariwisara, pembuatan kapal, souvenir, transportasi kapal sampai kepada makanan khas yang diolah, diantaranya: pengolahan ikan asin, kripik sukun, manisan cereme, rumput laut.

Selain penelitian, banyak yang dilakukan disana diantaranya: pengabdian terhadap masyarakat, diantaranya: membersihkan tempat ibadah, membersihakan lingkungan dll. Disamping itu juga diadakan bakti sosial yaitu menyalurkan sembako dan pakaian layak pakai kepada warga Pulau Untung Jawa.

Tentunaya ada beberapa hambatan yang dialami dalam melaksanakan kegiatan pengabdian dan penelitian ini, diantaranya: terbatasnya waktu, terbatasnya anggaran, luasnya wilayah tempat pengabdian dan penelitian. Tetapi ini semua sebagai bahan evaluasi agar Penelitian Tematik selanjutnya lebih baik lagi, karena memang tidak ada acara yang 100% sesuai dengan rencana.

Setelah itu ada kewajiban bagi anak-anak untuk menyelesaikan hasil dari penelitian maupun pengabdian selama di Pulau Untung Jawa, diantaranya:

  1. Laporan Karya Ilmiah
  2. Produk
  3. Video Kegiatan
  4. Foto-Foto Penelitia

Ini semua sebagai bentuk kerja nyata siswa-siswi SMPIT Asy-Syukriyyah dalam mengembangkan kemampuan untuk menyonsong masa depan yang gemilang.

Oleh: Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *