Penelitian Tematik Kelas IX Tahun 2017/2018

Dengan Meneliti, Kami Berdedikasi

Di zaman modern, setiap individu perlu membekali diri dengan berbagai kemampuan guna menghadapi tantangan perubahan zaman. Generasi mudalah yang menjadi harapan untuk dapat membuat Indonesia menjadi maju. Oleh karena itu generasi muda harus belajar dengan sungguh-sungguh. Kegiatan belajar pun tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi kegiatan tersebut dapat dilakukan di lingkungan sekitar. Generasi muda perlu bekal ilmu dan pengalaman yang banyak serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan.
Penelitian tahun ini dilaksanakan di Kunciran, Tangerang Banten pada Kamis dan Jumat, 24-25 September 2017. Pemilihan lokasi tersebut berorientasi pada tujuan utama yakni peserta didik memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Pengetahuan yang diperoleh berhubungan dengan penyelesaian permasalahan dalam kehidupan. Tema penelitian tahun 2017 ini “Dengan Semangat Meneliti, Wujudkan Ilmuan Islami Sejati, Berdedikasi Bagi Agama dan Negeri.”
Pemasalahan yang terjadi di negara kita, Indonesia saat ini sangatlah kompleks. Permasalahan dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang politik, dan lain-lainnya kerap hadir mengisi pemberitaan Indonesia. Contoh permasalahan yaitu sampah dan pemanasan global. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak membuat sampah bertumpuk. Di wilayah Tangerang, ada warga Perumahan Kunciran Mas Permai yang mencoba berusaha mengatasi persoalan masyarakat yaitu sampah. Di sana terdapat bank sampah dengan berbagai manfaat yang dirasakan oleh warga.
Peran generasi muda dalam hal ini berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia dengan melakukan segala yang terbaik, seperti giat belajar, peduli lingkungan, dan lain-lain. Dengan harapan, generasi muda Indonesia dapat memberikan sumbangsih terbaik untuk negaranya. Beberapa generasi muda Indonesia telah melakukan hal tersebut dengan mencoba melakukan penelitian-penelitian guna mengatasi persoalan yang ada, seperti permasalahan listrik di suatu wilayah membuat seorang siswa MTs Negeri 1 Langsa menemukan aliran listrik dari pohon kedongdong.
Alhamdulillah¸ kegiatan penelitian tematik tahun ini berjalan dengan lancar Meskipun ada beberapa kendala, tetapi kami bisa melaluinya dan semua menjadi pelajaran serta ada hikmahnya. Penelitian ini juga menghasilkan beberapa laporan hasil penelitian, video dokumenter, dan produk. Selain praktik sesuai dengan tema penelitian, peserta didik pun dilatih kemampuan berbicaranya dengan mempresentasikan hasil penelitiannya.
Semoga siswa dan siswi kami selalu semangat dalam mencari ilmu serta mempelajari dan mengamalkannya. Di masa mendatang, semoga mereka mampu menjadi seorang penelti yang andal. Amin.

Ketua Pelaksana

Siti Nur Latipah, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *