Makanan Khas Saat Ramadan

Makanan Khas Saat Ramadan

Marhaban Yaa Sahru Ramadan…
Hai sobat Assta… Hari-hari berganti, tidak terasa… Ramadan mulai menghampiri. Ramadan, bulan yang suci, bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat Islam, kini telah datang. 1 Ramadan menjadi awal perjalanan ibadah panjang selama satu bulan ini. Allah SWT memerintahkan hambaNya untuk berpuasa selama satu bulan di bulan Ramadan seperti dalam firman Allah SWT surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”
Selama sebelas bulan, setiap harinya kita makan dan minum saat pagi, siang, atau malam, kecuali bagi orang yang melaksanakan puasa sunah. Di bulan ini, kita diwajibkan berpuasa dan berbuka saat magrib tiba. Untuk menjaga kesehatan saat berpuasa tentunya kita butuh makanan dan minuman yang sehat untuk berbuka. Nah sobat Assta…, kira-kira apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata,”Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum solat. Jika tidak ada ruthab beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibnu Khuzaimah). Jadi makanan dan minuman sehat saat berbuka itu buah kurma dan air karena Rasul adalah suri teladan bagi kita.
Kalau sobat Assta bagaimana? Coba deh mulai Ramadan kali ini, kita contoh gaya hidup Rasulullah SAW. Gorengan, pempek, dan sejenisnya memang menjadi daya tarik utama saat berbuka, tapi kita perlu membiasakan berbuka dengan yang manis seperti buah kurma. Kurma adalah pohon yang termasuk suku Aracacear, berasal dari Arab dan buahnya berbentuk bulat lonjong. Buat sobat Assta yang kurang suka bahkan tidak suka dengan buah kurma, mulai sekarang coba memakannya dan berusaha untuk menyukainya.

( Siti Nur Lathifah.S. Pd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *