LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA KELAS 8 TP : 2017/2018

Membentuk Karakter Generasi Muslim yang Cerdas dan Inovatif

Pada tanggal 7 dan 8 September 2017 lalu, SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) tempat pelaksanaannya di Pondok Pesantren Ar-Rahman Qur’ani C Mega Mendung , Bogor. Tujuannya untuk melatih disiplin, mengenal satu sama lain, dan melatih kekompakan terutama Siswa kelas VIII.

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, semua siswa berkumpul dahulu di Sekolah untuk preparing yaitu registrasi dan pembukaan acara yang dipimpin oleh Kepala SMPIT Asy-Syukriyyah. Setelah semua preparing selesai siswa semuanya diperintahkan agar barang-barang bawaan yg besar-besar atau berat ditaruh didalam Tronton, dan dipersilahkan naik ke Tronton untuk siap-siap berangkat ke tempat tujuan.

Tujuan kegiatan LDK kelas VIII selain membentuk karakter pemimpin muslim, sekolah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat menjadi pribadi yang  disiplin, cerdas, inovatif, dan mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik. Di dalam kegiatan LDK siswa dituntun berperan aktif dalam memberikan Argumentasi di dalam acara Brain Stoarming dan problem solving.

Untuk Membentuk karakter Muslim yang cerdas dan tangguh, panitia tidak hanya memberikan materi dan pemaparan, akan tetapi panitia menyajikan Games atau permainan yang memiliki nilai kekompakan dan jiwa Leadership . Dengan adanya permain tersebut siswa diharapkan bisa mengaplikasikan materi yang diajarkan dengan kegiatan sehari-hari

Output dari kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa kelas VIII adalah membuat sebuah buku saku yang berisikan tata tertib yang dirancang oleh siswa secara mandiri, diharapkan siswa mampu menjalankan peraturan tersebut dengan baik dan siap menerima konsekuensi yang telah mereka buat.

Evaluasi kedepan terhadap kegiatan LDK kelas VIII adalah seluruh panitia tetap menjaga kekompakan, dan pencapaian atau target untuk siswa diharapkan dapat terwujud dan diaplikasikan di dalam lingkungan sekolah dan di rumah.

                 Penulis,

Ahmad Nashrullah, S.Pd

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *