Kak Rio Berikan Kiat Jitu Mendidik Anak Pada Masa Pandemi di Acara Virtual Parenting SMPIT Asy-Syukriyyah

Kak Rio Berikan Kiat Jitu Mendidik Anak Pada Masa Pandemi di Acara Virtual Parenting SMPIT Asy-Syukriyyah
Kak Rio prakstisi psikologi anak dan remaja meyampaikan materi parenting yang di selenggarakan SMPIT Asy-Syukriyyah secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Minggu 19/07/2020.

Acara yang mengangkat tema “Menjadi orang tua cerdas dan tangguh di masa pandemi” di mulai dengan pembacaan ayat suci al-Quran serta sambutan Ketua Komite dan Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya ketua komite maupun kepala sekolah menekankan hal yang sama akan pentingnya pendidikan anak oleh orang tua di rumah. Maka acara parenting ini sangat penting untuk bekal orang tua dalam mendidik anaknya selama masa pandemi.

Sementara itu pembicara virtual parenting, Kak Rio, menekankan kembali akan pentingnya peran orang tua dalam mendampingi dan mendidik anak di rumah.”Persoalan mendampingi dan mendidik anak bukanlah Job baru setelah pandemi saat ini datang tetapi itu memang sudah fitrah kehormatan orang tua untuk mendidik anak-anaknya di rumah. Jadi bukan guru yang utama, guru hanyalah support sistem terhadap pendidikan anak. Karena pada waktu dan hal tertentu orang tua terbatas dalam mendidik anak maka diserahkan untuk membantu mendidik anaknya kepada guru dan pihak sekolah. Tetapi tetap tugas mendidik anak di pihak orang tua”.

Dalam mendidik anak masa covid-19, Kak Rio menekankan akan pentingnya keteladanan dan motivasi orang tua kepada anaknya selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Meskipun kondisi orang tua dalam keadaan emosinya yang tidak stabil disebabkan oleh kondisi ekonomi yang sedang sulit, orang tua harus tetap memberikan senyum dan semangat untuk anak-anaknya di rumah. “Setelah orang tua harus tetap stabil emosinya dalam kondisi ekonomi yang sulit, pembelajaran jarak jauh juga ditentukan oleh guru yang kreatif dan inovatif. Cepat beradaptasi dengan teknologi dan pembelajaran yang menyenangkan agar terbangun semangat dan jiwa anak” ungkapnya

Acara Virtual parenting ini mendapatkan respon yang positif dari orang tua siswa, penyampaian yang santai dan diselingi dengan jokes berkualitas membuat acara tidak membosankan. Komentar-komentar¬† yang menarik dan lucu-lucu pun menambah suasana ceria diantara peserta, “paham kak Rio…, setuju Kak Rio…, Thoyyib Kak Rio…, paham paham…, sambil masak belum necis.” Ramai komen orang tua di ruang chat zoom meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *